Irama Jakarta

Pagi sebelum matahari memanaskan aspal kota jakarta, kau berjalan dengan anggun menuju tempat bekerja, dari matamu yang sedikit cekung tampak dirimu masih mengantuk, tas laptop di tangan kanan dan kotak sarapan di tangan kiri..
kau berjalan sebagai srikandi kota jakarta, satu dari sekian banyak perempuan, yang musti menikmati macet di tengah hiruk pikuk manusia, gedung tinggi menampungmu, memencet tombol lift yang siap meluncurkanmu ke lantai tertinggi bangunan pencakar langit.
Dari atas gedung, menatap panorama jakarta, asap polusi, himpitan kendaraan tak beraturan, dan suara klakson sebagai penyambut sang fajar..
 
Siang Hari manusia dalam gedung, berhamburan..
ini saatnya jam makan siang, mereka menyebar memburu sesuatu untuk mengisi perut, diantaranya ada yang menikmati kopi di Cafe-Cafe, ada yang menyerbu restoran siap saji,, Wartung Tegal, restoran Padang atau makanan pinggir jalan Batagor, Somay, bahkan ada yang hanya duduk saja menelpon dari atas gedung meminta sang pelayan berseragam mengantarkan makanan.
 
Sore Harinya, Hujan menyambut,  yang membawa payung bergegas, yang tak membawa, menunggu dengan santai sambil memainkan jari di gadget masing-masing, ada Ipod, Blackberri, Handphone,, dan tukang Warung Rokok tak mau kalah.. ia berjuang mengisi TTS (teka-teki Silang) sambil bertanya kepada mahasiswa di sebelahnya mengenai kotak yang tak bisa diisi.. 

Bis Kota
Alunan Lagu Iwan Fals, atau Franky Sahilatua, terkadang Lagu Dewa, instrumen gitar mendayu dengan nafas lelah yang terkadang merusak irama, namun berusaha tampil maksimal, pengamen berkuasa..
Bapak-bapak yang kupingnya tepat berada di lubang gitar tampak pasrah adanya, ingin tidur tak bisa, sungguh tidak manusiawi untuk memprotesnya, perihal hidup di jakarta, sama-sama mencari nafkah..
Hujan deras dan Kemacetan, Banjir menerpa, pengendara motor nekat mengambil jalan menelusur trotoar, yang berjalan kaki, hanya bisa berdo'a berharap semoga air selokan tak mencipratnya..

Kota Jakarta dalam sebuah harmoni, bergerak cepat melesat, melambat saat terhambat.. terlebih saat hujan lebat..

Komentar